Masuk Ke Alfonstudy.blogspot.com

Rabu, 24 Juni 2009

Perbedaan SMA dan SMK



Aku adalah seorang siswi salah satu SMK Negeri di Kabupaten Tuban. Yaitu SMKN Jatirogo.Nama lengkapku adalah Rachma Nurlailla. Sebelumnya memang aku tidak punya niat untuk bersekolah di SMK. Namun karena orang tuaku menginginkan aku untuk bersekolah di SMK.
Banyak hal yang sebelum aku bersekolah di SMK, aku tidak mengetahuinya.
Banyak sekali perbedaan-perbedaan yang sangat menonjol antara SMA dan SMK, yang sebelunya aku tidak mengetahuinya. Ini adalah beberapa hal yang membedakannya:

1. SMA : SEKOLAH MENENGAH ATAS
Jadi ini adalah sebuah sekolah umum biasa. Mata pelajarannya juga umum, tanpa ada jurusan khusus.Kecuali IPA/IPS. Biasanya dipersiakan untuk SPMB.
Sedangkan SMK :SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.
Ini adalah sebuah sekolah Kejuruan. Ada beberapa mata pelajaran khusus yang memang harus dipelajari siswa untuk jadi trampil. Contohnya tata boga, komputer, elektro/listrik, pertambangan. Tapi sayangnya di SMK ku hanya terdapat 4 jurusan. Yaitu : otomotif, pertambangan, tata busana, dan komputer.Tapi bukan berarti tidak bisa ikut SPMB, bisa.....Tapi!!!!!!! Jam belajar untuk pelajaran umum tidak sebanyak di SMK.

2. Perbedaan yang utama adalah dari tujuan pendidikan itu sendiri. Kalo SMA tujuan utamanya diantara menghasilkan lulusan yang siap untuk menempuh pendidikan lebih tinggi (PT),sedangkan kalo SMK menghasilkan lulusan yang memilikai ketrampilan dan keahlian sesuai dengan program studinya. Sehingga tiap terjiun ke masyarakat (bekerja) seseai dengan bidang keahliannya. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

3. Kalo SMA itu menengah atas yang hanya mempelajari materi.....sedangkan SMK itu mempelajari materi dan banyak di prakteknya.

4. kalau SMA bidang ilmunya umum sedangkan SMk ilmunya sudah menjurus ke ketrampilan siswa, jadi diharapkan siswa lulus dari SMK sudah trampil dan dapat langsung bekerja.

5. kalau SMA banyak bertebaran tapi kalu SMK?????
SMK adalah tempat siswa yang memiliki bakat untut di tempa, tergantung kompetensinya,
berbasis pada pengetahuan life skill.

11 komentar:

  1. SMA itu pengetahuannya lebih luas dibanding siswa SMK .. secara SMA itu skill nya di persiapkan untuk mengatasi bebgai masalah sedangkan SMK hanya pada jurusan yang mereka ambil .. sooo SMA better than SMK :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh, mengatasi berbagai masalah? :O masalah apa? msalah cinta? akakaka
      sooo SMK better than SMA
      # SMA cuman menang nama saja menurut saya

      Hapus
    2. semua da kelebihan dan kekurangannya..........
      benar pengetahuan SMA yg diterima di sekolah lebih banyak tentang umum dibanding SMk,,tetapi kalo bicara spesialisasi SMK ahlinya
      Toh teori bisa dipelajari dimana saja, banyak buku. Tapi kalo praktek tanpa guru jangan ditiru..........

      Hapus
  2. lebih baik makan 1buah tapi termakan sampai daging,, dari pada banyak buah tapi hanya kulitnya

    BalasHapus
  3. wah salah kalo ada yg bilang SMA lebih baik daripada SMK.. mana buktinya??????????????????????
    SMA dan SMK sama saja, tergantung siswanya

    BalasHapus
  4. aq lulusan SMK,, DAN MELANJUTKAN KULIAH,, TP TEMEN GW CUMAN LULUSAN SMA,, AL HASILLL YG LULUSAN SMA KETINGGALAN JAUHHH DLM BIDANG MATA PELAJARAN KULIAH... COS SMK LEBIH MENDALAM NGEBELAH SUATU PELAJARAN KETIMBANG SMA YG HANYA KULITNYA SAJA...... DISAAT ANAK LULUSAN SMA SIBUK AMA MATERINYA,,, GW SANTAI AJA.... COS GW CUMAN KEMBANGIN DOANK

    BalasHapus
  5. Dimana.mana SMK itu lebih UNGGUL dari SMA.
    Kenapa enggak ??

    SMK itu dapat SKILL + Akademik.
    Sedangkan SMA hanya dapat akademik nya ajaa.

    Tapi semuanyaa tergantung para siswanya jugak sih.
    --__--

    BalasHapus
  6. hay friends? gimana kabarnya?

    http://thebestrollerskates.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. bener banget tuuh.
    kalo secara logika smk lebih unggul dari sma. toh mereka ujung-ujungnya kerja juga.

    #tapi tergantung bagaimana siswa me.....+ apa yang telah dipelajarinya.
    #pis

    BalasHapus
  8. bagi saya SMK atau pun SMA sama saja...
    di tempat saya anak2 SMK pada brutal.., tpi anak2 SMA pada baik akhlaknya..
    tapi ada juga SMK unggulan yang anak2nya pada baik akhlaknya, tapi ada juga SMA hanya sekedar SMA saja dan anak2nya pada brutal juga..

    di tempat saya juga ada SMK kretif2, pinter2.. ada juga SMK yang anak2nya bandel2 dan suka tauran...
    di tempat saya juga ada SMA yang pinter2 dan baik2, tapi ada juga SMA yang anak2nya pada tauran, dan mabuk2an..

    jadi kesimpulannya semua tergantung kedua belah pihak.. Hidup itu Pilihan (Life Is Choiceeeeee)... :-)
    ada sekolah yang sistem nya baik sehingga menghasilkan lulusan yang baik, tpi jangan salah tidak semua lulusannya baik...
    ada sekolah yang sistem nya hanya sekedar sistem saja alias mutu nya kurang bagus, sehingga menghasilkan lulusan2 yang kurang berkualitas, eitttsss jangan salah tida semua lulusannya kurang berkualitas.. ada juga yang berkualitasnya..

    maka dari itu kesimpulannya : tergantung kedua2nya...
    sebagai bahan pertimbangan maka pilihlah sekolah yang punya sistem yang baik dan berkualitas mau SMA ataupun SMK.

    BalasHapus